Cara Menyusun Jadwal MPASI Usia 6 Bulan untuk Si Kecil!

Cara Menyusun Jadwal MPASI Usia 6 Bulan untuk Si Kecil!

Si kecil sudah memasuki usia 6 bulan? Berarti ini saatnya Moms menyusun jadwal MPASI usia 6 bulan untuk si kecil. Dalam memasuki babak baru ini, pastinya Moms mulai banyak mengumpulkan informasi supaya dapat memenuhi nutrisi si kecil. Menyusun jadwal pun menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan agar pemberian MPASI-nya berjalan lancar. 


Kali ini Mamin akan memberikan informasi mengenai MPASI termasuk tips menyusun jadwal MPASI usia 6 bulan untuk si kecil, agar mendapat nutrisi yang seimbang. Yuk, kita simak ulasannya!

 

Apa itu MPASI?

jadwal-mpasi-6-bulan

Menu MPASI. Sumber: Canva.com.

 

MPASI adalah singkatan dari "Makanan Pendamping ASI" atau "Makanan Pendamping Air Susu Ibu." Istilah MPASI merujuk pada makanan tambahan yang diberikan kepada si kecil selain air susu ibu (ASI) atau susu formula. Nah, biasanya pemberian MPASI dimulai ketika si kecil memasuki usia 6 bulan. Karena biasanya kebutuhan si kecil sudah melebihi dari sekedar pemberian ASI ataupun susu formula.


Dengan memberikan MPASI yang tepat, maka kebutuhan nutrisi si kecil pun akan terpenuhi dengan baik. Tumbuh kembangnya pun akan menjadi lebih optimal dan terhindar dari masalah antara lain seperti stunting. Dalam menyusun jadwal MPASI usia 6 bulan, Moms dapat memulainya dengan memperkenalkan makanan padat yang tinggi akan zat besi, kalsium, protein, dan vitamin. Dengan begitu pertumbuhan dan perkembangan si kecil akan meningkat dengan pesat sesuai dengan usianya.  


Sebaiknya Moms memberikan MPASI sesuai dengan jadwal yang sudah di tetapkan oleh para ahli kesehatan atau dokter anak. Selain itu, Moms juga sebaiknya hati-hati dalam memilih menu dan memulai dari makanan yang lembut dan mudah dicerna, seperti bubur nasi atau sereal, dan kemudian berkembang ke makanan lain seperti buah-buahan, sayuran, daging, dan sumber protein lainnya.


Kapan Waktu yang Tepat Memberikan MPASI?

jadwal-mpasi-6-bulan

Ibu memberikan MPASI untuk si kecil. Sumber: Canva.com.


Ini dia yang harus Moms perhatikan sebelum memberikan MPASI. Ada beberapa ciri dan tanda pada si kecil, yang menunjukkan si kecil sudah siap atau belum mengkonsumsi MPASI. Antara lain sebagai berikut:

  • Si kecil tertarik pada makanan yang dimakan orang lain.
  • Si kecil bisa mengambil makanan dan memasukkannya ke dalam mulut. Hal ini merupakan tanda bahwa adanya koordinasi yang baik antara mata, mulut, dan tangannya.
  • Dapat menegakkan kepala dan duduk sendiri tanpa bantuan.
  • Si kecil dapat membuka mulut dengan baik untuk melahap makanan dari sendok.
  • Si kecil mampu menelan makanan dan tidak melepeh (mengeluarkannya) kembali dari mulut.

Setelah Moms mengamati hal ini, baru deh kita susun jadwal MPASI usia 6 bulan untuk si kecil!

 

Tips Menyusun Jadwal Makan MPASI Bayi 6 Bulan

jadwal-mpasi-6-bulan

Si kecil sedang memakan MPASI. Sumber: Canva.com.


Dalam menyusun jadwal MPASI usia 6 bulan sebaiknya Moms membuat jadwal yang teratur dan tepat waktu. Jadwal yang konsisten akan membantu si kecil menyesuaikan diri dengan pola makan dan mencegah si kecil mengalami gangguan pencernaan. Tidak hanya itu, pembelian jadwal makan MPASI 6 bulan yang teratur akan membantu si kecil lebih mudah beradaptasi dengan perubahan tekstur makanan. Karena biasanya si kecil akan butuh penyesuaian dan tidak langsung bisa menerima tekstur yang baru.


Berikut adalah beberapa tips yang bisa Moms terapkan untuk memulai jadwal MPASI usia:

1. Ketahui Dahulu Frekuensi Makan dalam 1 Hari

Moms dapat menyesuaikan berapa kali frekuensi makan si kecil dalam 1 hari. Biasanya untuk bayi usia 6 bulan membutuhkan MPASI 2-3 kali setiap 2-3 jam dalam satu hari. Perlu diperhatikan, jumlah ini tidak termasuk dengan jadwal menyusui yah Moms. Jangan lupa juga, kalau bayi 6 bulan masih butuh asupan ASI setidaknya enam kali sehari setiap 4-5 jam setelah mulai makan makanan padat. 


Moms juga sebaiknya memperhatikan ekspresi bayi saat masa-masa ini. Karena apabila bayi tampak lapar di sela waktu makan atau menyusuinya, Moms boleh memberikan makanan selingan sebanyak 1-2 kali dalam sehari.


2. Sesuaikan Porsi Makan dengan Kebutuhan Si Kecil 

Menyesuaikan porsi makan dengan kebutuhan si kecil begitu penting untuk memahami batas kemampuan makan si kecil. Sehingga Moms jadi mengetahui seberapa banyak bayi boleh makan di bulan ini. Jangan lupa untuk sesuaikan porsi makan sesuai dengan kapasitas lambung si kecil dan kemampuannya dalam mencerna makanan.


Berdasarkan informasi dari IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) untuk bayi usia 6 bulan disarankan untuk mengkonsumsi MPASI bertekstur lumat atau kental sebanyak 3 sendok makan hingga ½ mangkuk berukuran 250 ml untuk 2-3 kali per hari. 


Seiring dengan pertambahan usianya, bayi akan butuh lebih sering makan dan tekstur makan menjadi semakin padat. Itulah yang menyebabkan frekuensi pemberian makan bayi umumnya akan makin meningkat dari bulan ke bulan.


3. Perhatikan Respon Bayi Saat Makan

Memperhatikan respon si kecil saat makan juga penting lho Moms. Dengan begitu, kita menjadi peka terhadap bahasa tubuhnya. Moms akan lebih mengetahui saat si kecil menunjukkan tanda-tanda lapar atau kenyang. Saat proses makan berlangsung, Moms sebaiknya mendampinginya dan memberikan perhatian yang penuh. 


Apa bila si kecil sudah menunjukkan tanda-tanda kenyang seperti menjauhkan mulutnya dari sendok dan makanan, bersendawa, dan menunjukkan ekspresi tidak nyaman, sebaiknya proses makan dihentikan terlebih dahulu. Sebaiknya jangan paksakan si kecil meneruskan makan apabila sudah kenyang, karena bisa saja si kecil akan menjadi tidak nyaman sehingga pengalaman makannya jadi tidak menyenangkan.


4. Pantang Menyerah

Nah, biasanya bayi yang baru mencoba MPASI tidak akan bisa langsung makan yang Moms sajikan. Jangan lupa, bahwa pada masa ini si kecil juga sedang menyesuaikan dirinya dengan pola dan menu baru yang baru. Biasanya dibutuhkan 10-15 kali percobaan bagi bayi untuk menyesuaikan dengan makanan yang baru. Apabila ada di dalam tahap ini, jangan menyerah dan berkecil hati ya Moms!


Contoh Jadwal MPASI Bayi Usia 6 Bulan

Nah, sekarang Moms sudah mengetahui mengenai informasi yang penting sebelum mulai menentukan jadwal MPASI bayi 6 bulan. Dengan mempertimbangkan hal di atas, berikut adalah contoh jadwal pemberian MPASI bayi 6 bulan yang dianjurkan oleh IDAI:

  • 06.00: ASI, banyaknya sesuai yang diinginkan bayi.
  • 08.00: MPASI pagi sebanyak 2-3 sendok makan.
  • 10.00: Camilan
  • 12.00: MPASI siang sebanyak 2-3 sendok makan.
  • 14.00: ASI, banyaknya sesuai yang diinginkan bayi.
  • 16.00: Makanan selingan/camilan.
  • 18.00: MPASI malam.
  • 20.00-21.00: ASI, banyaknya sesuai yang diinginkan bayi.
  • 02.00: ASI, bila perlu.

Itu dia informasi seputar MPASI bayi yang sebaiknya Moms ketahui. Jangan lupa untuk pastikan untuk menyesuaikan menu MPASI sesuai usianya ya, Moms. Untuk informasi seputar edukasi dan informasi lainnya Moms juga bisa mampir ke Instagram Papamama dan jangan lupa mampir ke website Papamama!


Referensi:

Yankes.kemkes.go.id

Bebeclub.co.id

Back to blog