Jadwal Menyusui Bayi yang Wajib Moms Ketahui

Jadwal Menyusui Bayi yang Wajib Moms Ketahui

Siapa Moms di sini yang masih bingung mengenai jadwal menyusui bayi? Jika iya, Moms nggak sendiri! Karena ini sama seperti kisah Mamin dahulu. Saat Mamin dikaruniai anak pertama Mamin suka kebingungan, “Kapan sih jadwal menyusui bayi yang tepat?” Walaupun Mamin sudah mengetahui informasinya di rumah sakit, namun saat membawa si kecil pulang kerumah kebingungan kerap terjadi. Belum lagi ditambah dengan bertambahnya usia si kecil, pastinya jadwal menyusui si kecil juga berubah!


Nah, untuk Moms yang masih bingung dan butuh panduan mengenai jadwal menyusui, simak artikel ini sampai habis ya. Karena kali ini Mamin akan membahas mengenai jadwal menyusui bayi termasuk informasi lainnya. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

 

Menyusui Penting untuk Perkembangan Bayi

Pasti Moms semua setuju kan kalau menyusui merupakan momen penting dalam perjalanan pertumbuhan dan perkembangan bayi. Dengan Meng-ASI-hi, Moms dapat memberikan nutrisi bagi pertumbuhan si kecil dan juga membangun ikatan emosional yang kuat. 


Selain itu, menyusui bayi secara eksklusif ternyata dapat membantu tumbuh kembang terutama saat si kecil berusia 1-6 bulan. Karena pada rentang usia tersebut, ASI merupakan sumber makanan dan asupan utama agar si kecil dapat terpenuhi semua kebutuhan nutrisinya. ASI juga memiliki kandungan gizi yang bermanfaat seperti  karbohidrat, lemak, kalsium, keratin, zink, zat besi, protein hingga vitamin esensial seperti vitamin A, B kompleks, C, D, E, dan K.


Walaupun proses menyusui tidak selalu berjalan lancar dan ada hambatan-hambatan yang dihadapi, namun ternyata proses menyusui bayi sebenarnya dapat berjalan dengan lancar lho! Moms bisa melakukannya dengan cara yang tepat misalnya dengan menyusui bayi sesuai jadwal yang dianjurkan. Dengan menyusui sesuai jadwal, pastinya akan memberikan manfaat maksimal bagi bayi.

 

Kebutuhan ASI Bayi Baru Lahir

Sebelum masuk ke dalam jadwal menyusui bayi, Moms wajib pahami dulu mengenai kebutuhan ASI bagi bayi yang baru lahir. Kebutuhan ASI bayi yang baru lahir biasanya akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Hal itu dikarenakan kapasitas lambung si kecil yang akan semakin besar.

 

Seperti ini siklus kebutuhan ASI untuk si kecil:

  • Bayi baru lahir hingga satu minggu pertama, membutuhkan sekitar 30-60 ml (2-4 sdm) ASI setiap kali menyusu. 
  • Bayi usia 2 minggu, membutuhkan ASI sekitar 80-150 ml (5,5–10 sdm) ASI setiap kali menyusu.
  • Bayi usia 3-5 minggu, dapat mengkonsumsi 90-120 ml ASI setiap kali menyusu.
  • Bayi usia 3-4 bulan membutuhkan 120-180 ml ASI setiap kali menyusu.
  • Bayi usia 5-6 bulan dapat menyusu maksimal 240 ml ASI setiap kali menyusu.

Biasanya saat si kecil memasuki usia 6 bulan ke atas, frekuensi menyusu bayi akan semakin berkurang karena mulai mendapatkan MPASI (Makanan Pendamping ASI). Namun sebaiknya Moms tetap menyusui si kecil selang-seling sambil memberikan MPASI, supaya kebutuhan si kecil tetap terpenuhi.

 

Berikut Jadwal Menyusui Bayi Berdasarkan Usianya

menyusi-bayi

Bayi menyusui melalui botol. Sumber: Smababy.co.uk.


Jadwal menyusui bayi akan berubah seiring dengan pertambahan usianya. Penting untuk diingat, saat baru lahir si kecil akan menjalani Inisiasi Menyusui Dini (IMD) selama kurang lebih 15 menit. Manfaat dari IMD ini begitu banyak ya Moms, karena proses IMD dapat merangsang hormon yang membuat Moms menjadi tenang, rileks, dan mencintai bayi. Selain itu Moms juga akan menjadi lebih kuat menahan sakit ataupun nyeri pasca persalinan, karena hormon yang diproduksi akan meningkatkan ambang nyeri, dan timbul rasa sukacita/bahagia. 


Tidak hanya itu, IMD juga akan merangsang pengaliran ASI dari payudara, sehingga ASI dapat lebih cepat keluar. Setelah masa IMD selesai, si kecil akan menyusu lagi selama beberapa saat. Setelah itu barulah si kecil akan menjalani jadwal menyusui pada bayi baru lahir.


Biasanya, jadwal menyusui bayi baru lahir dilakukan 8-12 kali dalam waktu satu hari, dimana rentang waktu dalam satu sesi menyusuinya adalah 10-15 menit. Rentang waktu tersebut hanya berlaku untuk satu sisi payudara yah Moms, sedangkan sisi lainnya bisa diberikan pada sesi menyusui berikutnya.


Jadwal menyusui bayi saat usia 1 bulan biasanya dilakukan setiap 2-3 jam sekali. Frekuensi menyusu bayi berusia 1 bulan biasanya sama dengan frekuensi menyusui bayi baru lahir. Perbedaannya ada pada pada durasi menyusui yang lebih lama yaitu 20-45 menit yang mana akan berkurang seiring bertambahnya usia si kecil.


Saat si kecil sudah memasuki usia dua bulan, frekuensi menyusui akan berkurang menjadi 7-9 kali. Lalu saat si kecil sudah memasuki usia tiga sampai empat bulan, frekuensi menyusuinya juga akan semakin berkurang dengan rentang waktu menyusu yang bertambah menjadi 3-4 jam. Kemudian, saat si kecil memasuki usia lima sampai enam bulan, durasi menyusu menurun menjadi 4-6 kali dengan frekuensi sekitar 4-5 jam.


Moms bisa dengan mudah melihat jadwal menyusui pada poin-poin berikut ini:

  • Bayi baru lahir: Inisiasi Menyusui Dini (IMD) selama 15 menit
  • Bayi usia 1-2 minggu pertama: menyusui setiap 2-3 jam sekali. 
  • Bayi usia 3-5 minggu: menyusui setiap 3-4 jam sekali.
  • Bayi usia 3-4 bulan: menyusui setiap 3-4 jam sekali.
  • Bayi usia 5-6 bulan: menyusui setiap 4-5 jam sekali.

Bagaimana Cara Agar si Kecil Menyusui Sesuai Jadwal?

Seperti yang kita ketahui, bayi baru lahir akan kebanyakan tidur. Mungkin ada beberapa Moms yang bingung apakah sebaiknya dibangunkan atau dibiarkan tertidur saja? Karena biasanya ada perasaan tidak tega untuk membangunkan dan menyusui sesuai jadwal. 


Namun kita harus menyingkirkan perasaan tidak tega tersebut ya Moms, karena Ikatan Dokter Indonesia (IDAI) sangat menganjurkan untuk membangunkan si kecil agar dapat menyusui jika jadwal menyusunya sudah dekat. 


Moms bisa terapkan beberapa cara berikut ini supaya jadwal menyusui bayi tidak berantakan:

 

Cara 1

Dalam keadaan Moms posisi duduk, angkat si kecil dari tempat tidurnya, lalu tidurkan di atas paha Moms. Posisikan kepala si kecil berada di lutut Moms dan kakinya berada di dekat perut Moms supaya aman.

 

Cara 2

Pastinya Moms suka sit-up kan? Nah, di sini Moms bisa angkat tubuh si kecil secara perlahan seperti gerakan sit-up saat berolahraga. Moms bisa lakukan cara ini berkali-kali sampai si kecil terbangun. Mamin rekomendasikan, Moms melakukan gerakan ini sambil mengajak si kecil ngobrol ya Moms supaya si kecil lebih cepat terbangun.

 

Cara 3

Jika si kecil masih belum terbangun, Moms bisa mengusap-usap bagian kaki, lengan, dan punggungnya sampai si kecil terbangun.

 

Cara 4

Cara lain yang bisa Moms lakukan adalah, Moms bisa menggendong saat si kecil masih tertidur, lalu dekatkan mulut si kecil di depan puting payudara Moms. Nah, Mamin ada trik nih supaya si kecil lebih cepat terbangun, Moms bisa mencoba dengan menyentuh pipinya saat mendekatkan mulutnya ke puting.


Sekarang Moms sudah mengetahui jadwal menyusui bayi yang tepat sekaligus informasi mengenai kebutuhan ASI dan cara agar si kecil bisa menyusui tepat waktu. Semoga informasi dari Mamin ini bisa menjadi referensi untuk Moms yang sedang dalam fase menyusui si kecil yah! 


Selama periode menyusui si kecil pastinya ada kebutuhan lain yang wajib Moms penuhi. Yaitu kebutuhan akan tas bayi untuk membawa perlengkapan si kecil. Moms bisa menggunakan tas bayi dari Papamama karena tas bayi Papamama merupakan tas bayi yang cocok sekali untuk #modernparents seperti Moms. Tas bayi Papamama juga tersedia dalam berbagai model, motif dan warna yang pastinya akan menemani perjalanan parenting Moms jadi lebih sempurna! 

 

papamama-clio-diaper-bag

Clio diaper bag. Sumber: Papamama.co.id.


Yuk, dapatkan tas bayi Papamama kesukaanmu sekarang di www.papamama.co.id!


Referensi:

Siloamhospitals.com

Hellosehat.com

Merries.com

Dinkes.kulonprogokab.go.id

Smababy.co.uk

Back to blog