Waspada! Berikut Warna ASI yang Tidak Normal

Waspada! Berikut Warna ASI yang Tidak Normal

Pada artikel yang lalu, Mamin sempat membahas mengenai warna ASI yang normal dengan judul Tidak Hanya Putih! Ini Dia Warna ASI yang Wajib Diketahui! Nah, kali ini Mamin akan melanjutkan pembahasan mengenai warna ASI, namun untuk yang kategori tidak normal.


Sebagai new Moms, besar harapan dan keinginan kita untuk selalu memberikan ASI yang normal dan berkualitas untuk si kecil. Namun ada baiknya kita juga bisa membekali diri kita dengan informasi seputar menyusui. Dengan informasi yang mumpuni seputar ASI, kita dapat mengetahui juga bahwa ASI juga bisa menjadi tidak normal dengan menunjukkan perubahan pada warna lho!


Nah, pastinya Moms penasaran kan mengapa sih ASI bisa berubah warna, dan seperti apa saja sih warna ASI yang tidak normal? Untuk Moms yang sudah penasaran, Mamin akan lanjutkan pembahasan mengenai warna ASI tidak normal dan apa saja yang menjadi penyebabnya. Simak ulasan Mamin sampai habis yah!

 

Penyebab Perubahan Warna Pada ASI

obat

Obat-obatan yang dikonsumsi bisa menjadi salah satu penyebab warna ASI berubah. Sumber: Canva.com.


Selama periode menyusui biasanya Moms mengkonsumsi vitamin, mulai dari ASI booster dan suplemen-suplemen lainnya. Apabila itu diresepkan oleh tenaga kesehatan dan dokter, itu masuk kedalam kategori aman untuk dikonsumsi oleh Moms. Namun apabila tiba-tiba Moms jatuh sakit selama periode menyusui biasanya Moms disarankan untuk mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Ternyata, ada juga beberapa obat-obatan yang apabila Moms mengkonsumsi obat-obatan tertentu akan mempengaruhi perubahan pada warna ASI (misalnya antibiotik dan lainnya).


Selain karena obat-obatan ada beberapa penyebab yang juga bisa membuat warna ASI Moms berubah selama periode menyusui, antara lain:

  • Makanan dan minuman  yang dikonsumsi (mengandung pewarna, atau dominan warna tertentu)
  • Terjadi pendarahan di kelenjar payudara 
  • Ada luka di puting sehingga ASI bercampur dengan darah saat menyusui

Sebaiknya untuk new Moms tidak perlu khawatir mengenai perubahan ini. Beberapa new Moms mungkin akan terkejut sehingga ragu-ragu untuk menyusui si kecil bila berada dalam kondisi ini. Apabila hal tersebut terjadi, ada baiknya Moms mengambil sikap tenang dan tidak panik. Moms bisa menelaah dahulu warna ASI yang saat itu terjadi, sembari mengingat-ingat apakah ada makanan berwarna tertentu yang di konsumsi.


Keadaan stres karena keadaan dibawah tekanan tersebut terkadang bisa mempengaruhi produksi ASI menjadi menurun. Jika Moms masih merasa khawatir, Moms bisa berkonsultasi dengan tenaga kesehatan seperti dokter ataupun konselor laktasi karena dikhawatirkan warna ASI yang tidak normal akan memberikan dampak bagi si kecil.


Untuk Moms yang sudah penasaran dengan warna ASI yang tidak normal, simak ulasan Mamin berikut ini sampai habis!

 

Warna ASI yang Tidak Normal

bayi-minum-susu

Bayi yang sedang minum ASIP. Sumber: Canva.com.


Selain perubahan warna ASI yang normal, ada juga perubahan warna ASI yang tidak normal. Hal ini biasanya disebabkan hal lain di luar proses alami tubuh. Warna ASI yang tidak normal umumnya disebabkan oleh minuman, makanan, atau obat-obatan yang dikonsumsi Moms saat menyusui. Bahkan, ada juga beberapa kondisi kesehatan yang dapat mempengaruhi warna ASI menjadi tidak normal 


Berikut ini adalah beberapa warna ASI yang tidak normal dan penyebabnya:

1. Warna ASI Kecoklatan

Warna ASI yang berubah menjadi cokelat, umumnya terjadi karena mengandung darah akibat adanya luka di puting. Apabila ASI Moms berwarna coklat muda dan hanya berlangsung sementara, artinya kandungan darah hanya sedikit dan ASI umumnya tidak membahayakan bayi. 


Sementara itu, ASI yang berwarna coklat gelap berarti mengandung banyak darah. Oleh karena itu, Moms harus waspada dan segera memeriksakannya ke dokter. Warna ASI yang kecoklatan bisa disebabkan oleh beberapa faktor, dan meskipun dalam beberapa kasus ini mungkin normal, dalam situasi lainnya dapat memerlukan perhatian medis. 


Selain itu, kurangnya cairan dalam tubuh Moms ternyata juga dapat mempengaruhi warna ASI juga lho! Dehidrasi ternyata bisa membuat ASI menjadi lebih pekat dan kecoklatan karena kurangnya cairan dari dalam tubuh Moms. Kurangi juga mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu, seperti teh atau kopi secara berlebihan karena dapat memberikan warna kecoklatan pada ASI.

 

2. Warna ASI Kemerahan / Pink / Orange

ASI yang berwarna kemerahan bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain dikarenakan makanan atau minuman yang mengandung pewarna seperti minuman soda, jus, atau minuman kemasan yang berwarna merah.


Faktor lain yang menyebabkan ASI berwarna kemerahan antara lain karena adanya pendarahan di kelenjaran di payudara. Pendarahan walaupun kecil pada kelenjar payudara bisa menyebabkan ASI mengandung darah sehingga memberikan warna kemerahan.


Selain itu, retakan pada puting payudara juga bisa membuat warna ASI kemerahan. Hal itu disebabkan karena darah yang kemungkinan bercampur dengan ASI sehingga memberikan warna merah pada ASI.


Bahkan jika Moms terkena infeksi atau mastitis, kondisi ini dapat menyebabkan perubahan warna dalam ASI karena adanya kondisi inflamasi. Beberapa obat atau zat tertentu yang Moms konsumsi juga dapat mempengaruhi warna ASI menjadi kemerahan / pink / orange.

 

3. Warna ASI Kehijauan

Jika warna ASI Moms kehijauan bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Antara lain karena pemrosesan nutrisi, kondisi kesehatan Moms dan proses oksidasi. Selain itu, ASI dapat mengalami perubahan warna terkait dengan makanan yang dikonsumsi oleh Moms. Misalnya warna kehijauan biasanya disebabkan karena Moms mengkonsumsi sayuran hijau, seperti bayam atau brokoli.


Selain itu, kondisi kesehatan Moms juga mempengaruhi warna ASI lho. Beberapa kondisi kesehatan yang membuat Moms harus mengkonsumsi obat-obatan dan suplemen tertentu, ternyata juga bisa mempengaruhi warna ASI menjadi kehijauan.


Meskipun ASI berwarna kehijauan mungkin bukan tanda masalah serius, tetapi jika Moms memiliki kekhawatiran atau ada gejala kesehatan lainnya, disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan atau konselor laktasi. 


4. Warna ASI Kehitamanan

Warna ASI kehitaman memang jarang terjadi di kalangan Moms yang menyusui. Biasanya kondisi warna ASI kehitaman bisa disebabkan oleh efek samping dari antibiotik berjenis minosiklin. Jenis obat-obatan tersebut memang tidak direkomendasikan bagi Moms yang menyusu, karena itu bisa menyebabkan kondisi ASI menjadi tidak baik.


Biasanya warna ASI hitam bisa terjadi ketika ibu mengkonsumsi obat antibiotik tertentu dalam jangka waktu yang lama. Ada beberapa penelitian penggunaan obat antibiotik minocycline ternyata bisa membuat warna ASI jadi hitam. Obat dengan kandungan tersebut memang tidak disarankan oleh Moms yang menyusui, karena selain mengubah warna ASI, bisa juga meningkatkan risiko staining dan membuat gigi si bayi jadi hitam-hitam. Karena itu, ada baiknya Moms mengkonsumsi obat-obatan antibiotik yang aman untuk dikonsumsi selama masa menyusui agar meminimalisir efek sampingnya.

warna-asi-tidak-normal-papamama

Warna ASI yang tidak normal. Sumber: Papamama.co.id.


Nah, sekarang Moms sudah tau kan mengenai perubahan warna ASI yang tidak normal. Apabila terjadi berlarut-larut atau disertai demam, nyeri, maupun perdarahan di payudara, sebaiknya Moms segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

maxie-diaper-bag-papamama

Maxie diaper bag. Sumber: Papamama.co.id.


Moms bisa dapatkan informasi bermanfaat lainnya seputar ibu dan anak di blog Papamama.co.id. Sambil membersamai pertumbuhan si kecil, jangan lupa juga untuk cek koleksi diaper bag terkini hanya di official website Papamama. Beli diaper bag Papamama di official website bisa mendapatkan promo-promo menarik dengan harga terbaik.


Referensi: 

Alodokter.com

Siloamhospitals.com

Back to blog